Apa Cerita apa tentang Sherpa yang kamu tahu?

 Kisah seorang pendaki Malaysia yang diselamatkan Sherpa di Everest baru-baru ini mengemuka di internet. Sherpa adalah kelompok suku yang tinggal di pegunungan Nepal, negara bagian Sikkim dan Tibet di India. Menariknya, Sherpa tidak hanya menyaksikan peristiwa dan cerita di Everest, mereka juga dikatakan memiliki kekuatan super genetik. Para ilmuwan telah mengkonfirmasi hal ini. 

 Cerita apa tentang Sherpa yang kamu tahu?

Kisah penyelamatan seorang pendaki Malaysia bernama Ravichandran atau Ravi dari zona kematian Gunung Everest viral di media sosial. Ravi diselamatkan oleh Sherpa setelah dibawa pergi dan dibungkus kantong tidur selama sekitar enam jam. Hal itu diungkapkan Gelje Sherpa yang membantu Ravi bertahan dari Camp III hingga base. 

 


Bukan hanya Ravi, para Sherpa ini telah membantu banyak pendaki mendaki dan menuruni Everest dengan selamat.

Sherpa adalah nama penduduk Lembah Khumbu, sebuah taman nasional yang mengelilingi Everest.Mereka dikenal  membimbing  pendaki gunung ke puncak Gunung Everest dengan sangat lembut dan kuat. Telah diketahui secara turun-temurun bahwa para Sherpa ini memiliki genetik alami untuk beradaptasi dengan lingkungan sekitar Everest. Menurut sebuah laporan, Sherpa terkuat dapat bertahan hingga ketinggian 8.000 meter/23.000 kaki.Kebanyakan Sherpa membutuhkan oksigen di Camp 4. 

 

Menurut Britannica, Sherpa Tenzing Norgay mendaki Everest untuk memandu Edmund Hillary dari Selandia Baru. Pendakian Sherpa dan Edmund adalah pendakian pertama mereka ke Everest. Pada 29 Mei 1953, keduanya berhasil mendaki Everest. Pada tahun 1933, pada  usia 19 tahun, Tenzing melakukan ekspedisi pertamanya sebagai porter.Dua tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1935, Tenzing menemani Eric Shipton dalam ekspedisi pengintaian ke Everest. Pada tahun-tahun berikutnya, Tenzing mengambil bagian aktif dalam ekspedisi pendakian gunung berikutnya. Berkat prestasinya, Tenzing dianggap sebagai pahlawan legendaris di Nepal dan India. Dia juga menerima banyak penghargaan dari pemerintah Nepal dan medali dari Raja George VI. dari Inggris.Dalam pekerjaan yang mengancam jiwa,  Sherpa berarti bisnis, menghasilkan 7 hingga 8 kali lipat upah rata-rata pekerja Nepal dalam perjalanan. Gaji meningkat karena Sherpa bukan hanya pemimpin. Mereka juga menawarkan berbagai layanan seperti peralatan pemandu, akomodasi, kopi, dan WiFi, sehingga pendaki selalu mendapat sinyal di puncak.

sumber artikel dari blog Mbah jarrot


Share on Google Plus

About Teddy van buuren

0 comments:

Post a Comment