Ajaran di Ponpes Al-Zaytun yang Perlahan Terungkap

Najih Arromadloni, Pengamat Perguruan Tinggi Islam Koma.id mengatakan, perselisihan di Perguruan Tinggi Islam Al-Zaytun tidak terlepas dari unsur NII dan ajaran Isa Bugis.  “Kalau kita lihat sejarah, Al-Zaytun adalah keterkaitan NII dengan ajaran Isa Bugis yang sebenarnya,” kata Najih di kanal YouTube Koma.id TVOneNews, Sabtu (24/6/2023).

“Makanya saya  heran. Isa Bugis  juga punya murid bernama Musadeq yang mendirikan Al Qiyadah dan Gafatar,” kata Najih. Najih menegaskan  dirinya  heran kontroversi Panji Gumilanga berlarut-larut.

"Jadi saya heran kenapa Isa Bugis didakwa dan Musadeq juga didakwa, tapi kenapa Panji Gumilang masih ada?" kata Najih.

“Sebenarnya kita harus khawatir tentang itu.“Sudah hampir 30 tahun Poidsren berdiri tahun 96 (98 diresmikan),” ucapnya lagi. Menurut Najih, persoalan ini sudah sangat lama dan negara tidak memiliki tekad untuk menindaklanjutinya. Orang-orang tertipu oleh ajaran seperti itu. Memang kalau dicermati, tekanan dari masyarakat sipil sangat kuat dan berlipat-lipat,” jelasnya.



“Sekarang  Al-Zaytun tidak lagi dalam kegelapan, faktanya menjadi jelas.Panji bahkan mewariskan ajarannya. Sekarang masalah yang menurut saya semakin serius," jelasnya.



 

Share on Google Plus

About Teddy van buuren

0 comments:

Post a Comment